ERMIN SITI NURCHOLIS

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya

MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF PESERTA DIDIK DALAM MATERI PERMAINAN DALAM MAPEL PJOK MELALUI TEKNIK PENILAIAN ANTAR TEMAN

Dalam penilaian PJOK terutama pada materi permainan, seorang guru PJOK sering merasa susah untuk melakukannya. Peserta didik yang melakukan dan terlibat dalam kegiatan tersebut biasanya rendah. Rendahnya partisipasi aktif peserta didik ini salah satunya adalah munculnya rasa minder pada kelompok tertentu yang dianggap memiliki kemampuan dan keterampilan lebih dibanding dirinya.

Seorang guru PJOK harus tanggap dengan hal ini. Kurikulum 2013 terutama pada mata pelajaran PJOK dalam proses pembelajaran selalu menekankan partisipasi aktif siswa untuk melakukan pembelajaran. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkannya.

Pembelajaran yang kreatif dan inovatif, baik dari metode, modifikasi peralatan, strategi yang dipergunakan, sumber belajar, pendekatan pembelajaran, maupun teknik penilaian. Teknik penilaian yang dipergunakan juga sangat banyak. Salah satunya adalah dengan penilaian antar teman.

Penulis ingin memberikan contoh saat pembelajaran bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi. Bila akan menggunakan teknik penilaian antar teman, bagilah kelas dalam kelompok-kelompok kecil misalnya tiap kelompok berisi 4 - 5 orang, tergantung banyaknya jumlah peserta didik di kelas.

Kelompok 1 bertanding dengan kelompok 2, kelompok 3 dan 4 sebagai pengamat dan penilai. Sebelum melakukan penilaian guru terlebih dahulu memberikan instrumen atau rambu-rambu yang harus diamati misalnya tanggal kegiatan penilaian, materi pembelajaran, siapa teman yang dinilai, baru instrumennya yaitu menggiring berapa kali passing berapa kali, shooting berapa kali, berhasil memasukkan bola ke ring berapa kali, kemudian di jumlah, atau sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi yang telah bapak/ibu rancang dalam RPP.

Jangan lupa menjelaskan aturan permainan yang berlaku pada seluruh peserta didik. Buat aturan yang sekiranya mampu merangsang partisipasi aktif siswa seperti waktu permainan hanya 7 menit tiap pertandingan, mendribbling bola maksimal hanya 3 pantulan dan sebagainya. Tanyakan dan sampaikan apakah seluruh peserta didik sudah memahami peraturan tadi.

Penggunaan peraturan yang dimodifikasi dan teknik penilaian antar teman dalam permainan ini memiliki banyak kelebihan, antara lain

1. Toleransi antar sesama teman tinggi

2. Kerjasama tim semakin solid

3. Menumbuhkan dan mengembangkan rasa percaya diri siswa

4. Saling memotivasi antar teman, bila mengetahui teman yang dinilai belum medapatkan point nilai

5. Partisipasi aktif siswa bertambah

6. Keterampilan individu meningkat, dengan banyaknya kesempatan untuk melakukan teknik dalam permainan tersebut.

7. Suasana kelas menjadi semakin "hidup"

8. Guru lebih ringan dalam melakukan analisis nilai.

Semoga bermanfaat

Penulis peserta sagusabu semarang

Seorang guru PJOK di SMP Negeri 1 Brangsong Kendal

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali