ERMIN SITI NURCHOLIS

Lahir di Semarang 49 tahun yang lalu. Pendidikan sejak TK hingga SMA di tempuh di kota Kendal Jawa Tengah. Alumni S1 program studi PJKR dari IKIP Negeri Semaran...

Selengkapnya

Mempercepat Penguasaan Keterampilan Lay-up Shoot Dengan Alat Bantu Hulahop

Mengajarkan materi lay-up shoot pada peserta didik sering tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Kesulitan terutama pada saat anak melangkahkan kaki setelah mendribble bola. Tumpuan kaki yang kurang benar, langkah kaki yang berlebih, hingga hasil akhir dari keterampilan lay-up.

Keterbatasan sarana dan prasarana sekolah juga menjadi salah satu kendala. Jarang sekolah yang memiliki ring lebih dari dua selain yang terpasang di lapangan bola basket. Belum lagi jumlah bola yang dimiliki sekolah juga terbatas. Keterbatasan perlengkapan yang ada di sekolah menjadikan siswa harus mengantri terlalu lama untuk menunggu giliran melakukan kegiatan, dan hasil akhirnya keterampilan yang di dapatkan masih jauh dari yang diharapkan.

Keterbatasan ini bisa disiasati dengan menggunakan alat peraga hulahop (simpai) yang bisa digunakan sebagai pengganti ring. Tahapan pembelajaran yang dilakukan adalah :

1. Pemberian materi lay-up secara klasikal menggunakan sistematika pembelajaran yang sesuai

2. Pembelajaran dimulai dari yang mudah menuju ke rumit dulu (tanpa bola)

3. Lanjutkan menggunakan bola

4. Bagilah kelas menjadi beberapa kelompok kecil yang beranggotakan 4 - 5 orang

5. Berikan instruksi yang jelas cara melakukan lay-up (mengulangi lagi prinsip melakukan lay-up)

6. Masing-masing kelompok diberi satu holahup dan satu bola.

7. Berikan batasan waktu untuk melakukan latihan.

8. Instruksikan pada masing-masing kelompok untuk saling memberikan koreksi pada sesama anggota kelompoknya terhadap gerakan yang dilakukan.

Semoga bermanfaat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali